Categories
Agribisnis

Subang Jadi Kabupaten Agribisnis

Subang boleh berbangga. Kabupaten seluas 189.395 ha itu memiliki fasilitas agribisnis yang sangat menonjol. Pertama, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) di Sukamandi. Kedua, Balai Penelitian Perikanan Air Tawar juga di Sukamandi.

Ketiga, Pusat Bibit Buah Nusantara di Ciater, yang diresmikan Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. “Alhamdulillah. Terima kasih kepada PT Perkebunan Nusantara VIII yang telah menjadilkan lahannya untuk Pusat Bibit Buah Nusantara. Mudah-mudahan Kabupaten Subang akan menjadi Kabupaten Agribisnis,” kata Hj. Imas Aryumningsih, SE, Bupati Subang, kepada AGRINA, saat ditemui di Ciater, Subang.

“Subang akan menjadi penghasil bibit buah (tropika),” lanjut dia. Selain menyerap tenaga kerja setempat, kehadiran pusat bibit buah ini juga akan menggairahkan penyebaran ilmu pengetahuan perbuahan di Subang dan sekitarnya.

Di samping itu, pusat bibit buah ini bisa menarik anak-anak muda untuk bertani. “Sebagai pusat bibit buah, banyak orang dari mana-akan datang ke Subang,” katanya saat meninjau pusat bibit buah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *